lørdag den 14. juni 2008

Bakso Enak Dan Kenyal....


Description:
Sumber resep : Agnes

Buat Mbak yeni...ini resep nya ya..dijamin anti gagal he..he

Hasil bakso yg saya buat itu lebih kayak kita beli di abang-abang tukang bakso keliling kenyal enak deh kayak bakso urat...lumayan nih buat ngobatin rindu tanah air..he..he selamat mencoba ya...

Ingredients:
500 gr, ( tinggal dikonversi sendiri kalau mau 250 atau satu kilo gr) :
- Tepung tapioka (aci) 1 ons ( saya pake tepung kentang )
- Vetcin 2 sdt ( saya kurangin )
- merica 1 1/2 sdt or kalo mau agak pedes boleh ditambah 1/4 sdt
- garem 2 1/2 sdt
- Air es 250 cc (karena saya bikin nya pake daging cingcang dingin jadi air yg saya pake kurang dari 250 cc )


Directions:
Cara membuat bakso :
- Semua bumbu dimasukan dalam air es
- Daging cincang campur sama air tersebut (sedikit2 dulu masukin airnya) dan di mixer ( saya pake mixer yg buat bikin roti )

- masukan aci aduk sampe rata.
- siapkan air mendidih, cetak satu per satu diremas2
- dan dibentuk bulat-ulat menggunakan tangan (seperti meremas), lalu ambil
pakai sendok. Supaya tak lengket, tiap mau ambil daging dr tangan,
sendoknya dicemplungkan ke air dulu.
- tunggu sampai semua daging mengapung, baru boleh diangkat.

Cara Membuat Kuah,
Rebusan bakso tadi tinggal ditambahkan :
kaldu knor (sebaiknya), 1 sdt u 1 liter, 1/2 sdt merica, 1/2 sdt
vetcin, 1 sdm kecap ikan, 1/2 sdt garam, 1 sdt gula, seledri
5 batang diikat (tapi ini mah sesuai selera ya
boleh ditambah atau dikurang kalo tak suka)

Kalo mau lebih enak masukan juga tulang ayam atau ceker ayam.
Hmm... yummy deh di jamin...

Met mencoba ya ..semoga bermanfaat postingan ini....:-))))

Photobucket

Ingen kommentarer:

Send en kommentar